Selasa, 12 Maret 2013

Sejarah Kota / Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo sebuah kota yang terkenal sebagai produsen tas kulit, sepatu kulit dll. Jika sobat ada waktu, sempatkanlah untuk bertamasya ke sana. Disana sobat akan menemui beragam hisan kota yang berbentuk udang.. ikan. Ups, jgn lupa utk mencoba Menu Kuliner khas sidoarjo yaitu " bandeng presto". Saya sudah pernah mencobanya :)

Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha.
Dipercaya, lokasi Sidoarjo yang sekarang ini adalah lokasi kerajaan Jenggala. Kerajaan Jenggala sendiri adalah pecahan dari kerajaan Medang.



Masa Hindia Belanda
Semula, Sidoarjo adalah bagian dari kabupaten Surabaya. Belum ada nama sidoarjo saat itu, yang ada hanya "sidokare". Pada masa pemerintahan Hindi Belanda, Sidokare dipisahkan dari kabupaten surabaya. Mungkin saja ini dilakukan karena belanda takut jika ada bupatinya yg memiliki kekuasaan yg cukup luas. Berdasarkan keputusan pemerintah Hindia Belanda no. 9/1859 tanggal 31 Januari 1859 Staatsblad No 6, daerah Kabupaten Surabaya dibagi menjadi 2 bagian yaitu Kabupaten Surabaya dan Kabupaten Sidokare.
Saat itu, Sidokare dipimpin oleh Sidokare dipimpin oleh Raden Notopuro dia merupakan anak dari bupati Surabaya saat itu.

Nama Sidoarjo
Sidokare sendiri memiliki makna konotasi yg negatif bagi beberapa orang di wilayah Jatim. Karena Sidokare mirip dengan sidokari yang memiliki arti sido=jadi; kari=tertinggal. Oleh karena itulah pada tahun 1859, tepatnya tgl 25 Mei. Nama "Sidokare" diubah menjadi "Sidoarjo"

Masa Penjajahan Jepang.
Melalui tentara laut jepang(Kaigun). Sidoarjo adalah salah satu wilayah yang berhasil diambil oleh Jepang.
Namun berhasil direbut lagi oleh pemerintah belanda pada tanggal 24 Desember 1946. Pada Konferensi Meja Bundar, belanda menyerahkan kembali wilayah Jawa Timur kepada indonesia, termasuk di dalamnya ada lah sidoarjo.

Hari Jadi Sidoarjo
Kabupaten Sidoarjo diperingati hari Jadinya setiap tanggal 31 Januari, hal ini menandakan bahwa hari jadinya dihitung saat pemisahan sidokare dari kabupaten Surabaya.

CMIIW

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar