Minggu, 10 Maret 2013

Sejarah Kerajaan majapahit

Alkisah, pada masa kerajaan singasari di pimpin oleh "Kertanegara". Pernah datang seorang utusan dari negeri China. Utusan tersebut menyampaikan titah kepada sang raja untuk menyerahkan kerajaannya pada kerajaan China, jika hal tersebut tidak dilakukan. Maka mereka akan menyerang kerajaan Singasari.

Sang Raja tidak gentar sedikitpun. Utusan tersebut dipotong telinganya, dan di suruh pulang kembali ke negerinya. Sadar bahwa akan ada penyerbuan besar dari China. Sang Raja pun mempersiapkan pertahanan sebaik mungkin.. Namun, apa dikata.. Sebelum penyerbuan China datang, ternyata ada serangan dari Kerajaan Kediri yang dipimpin oleh Jayakatwang. Saat itu Kediri merupakan salah satu kerajaan yang telah tunduk kepada kerajaan Singosari. Karena tidak siap dengan serangan yang tiba-tiba ini.. Kerajaan Singasari pun hancur.. dan dimulailah era Kepemimpinan Jayakatwang.
Untung sang putera Mahkota yaitu Raden Wijaya berhasil melarikan diri. Raden wijaya bersembunyi di tempat yang aman, sambil menunggu kesempatan yang tepat untuk merebut kembali kerajaannya. Atas saran dari Arya Wiraraja, Raden wijaya menyatakan tunduk pada Jayakatwang dengan syarat meminta sebidang tanah. Jayakatwang pun menyetujuinya, Raden wijaya beserta pengikutnya yang setia diberikan wilayah di hutan tarik. (Ada beberapa sumber yang mengatakan kalau hutan tarik itu terdapat di wilayah mojokerto)
Pada saat-saat tersebut, ada seorang tentara yang kehausan mencoba memakan buah Maja yang mudah ditemui pada tempat tersebut dan prajurit tersebut kaget bahwa ternyata rasanya sangat pahit. Raden Wijaya yang mengetahui hal tersebut lalu memberikan nama daerah tersebut "Majapahit".

Hari berganti hari, tahun berganti tahun. Akhirnya datang bala tentara China yang akan menuntut balas atas kejadian beberapa tahun lalu.. Pasukan China masih belum mengetahui kalau kerajaan singasari yg dulu sudah dihancurkan. Raden wijaya melihat ini sebagai kesempatan yang bagus. Bersama pasukan China mereka menyerang dan berhasil menaklukkan singasari yang dipimpin oleh Jayakatwang. Bahkan Jayakatwang terbunuh oleh penyerangan tersebut.
Pada saat Pasukan China merayakan kemenangannya, pasukan raden wijaya ganti menyerang pasukan China. Penyerangan ini sudah direncanakan sebelumnya oleh raden wijaya bersama Arya Wiraraja. Pasukan China kocar kacir dengan serangan yang tak terduga itu. Ada yang lari ke Jawa, ada juga yang pulang kembali ke China.

Dengan Kemenangan itu, maka dimulailah era Kerajaan Majapahit. Sebuah kerajaan yang nantinya akan menjadi kerajaan terbesar di Nusantara. Pada masa kejayaannya (Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada) Kerajaan majapahit membentang di seluruh Nusantara, bahkan wilayahnya lebih luas daripada wilayah Indonesia sekarang ini. Raden wijaya memerintah Kerajaan Majapahit selama +/- 16 tahun

Sampai sekarang, reruntuhan "Majapahit" masih bisa ditemukan didaerah Trowulan mojokerto. Konon Trowulan merupakan kota metropolitan di masa Majapahit. Di sanalah pusat pemerintahan Majapahit dijalankan.

NB: Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa pasukan Yang menyerbu SIngasari bukan dari Kerajaan China, namun dari Bangsa Mongol atau Tar-tar



4 komentar:

  1. pantes bangsa china... Banyak di indonesia dan merajai perekonomian di indonesia ini

    BalasHapus
  2. pasukan kubilai khan, bangsa mongol yg menguasai china di masa nya. (kalo gak salah)

    BalasHapus
  3. kalau ga salah nama utusannya meng chi

    BalasHapus