Sabtu, 23 Februari 2013

Jenis dan Definisi Cerita Rakyat

Sebelum membaca tulisan2 yang ada di sini. Ada baiknya sobat, mengetahui terlebih dahulu pengertian dari macam2 cerita rakyat yang beredar di indonesia. Diantaranya:

Fabel

fabel adalah cerita singkat, biasanya dalam bentuk sajak dan prosa, dan bersifat didaktis.
Makhluk tak hidup (mis: tumbuhan, hewan) ditampilkan sebagai makhluk yang dapat berfikir, bereaksi, dan berbicara seperti manusia.
Fabel Biasanya diakhiri dengan sebuah kesimpulan yang mengandung hikmah.

Dongeng
merupakan cerita pendek, yang diturun temurunkan secara lisan. Cerita ini dianggap tidak benar-benar terjadi.
Terkadang, dongeng dibuat hanya untuk hiburan atau kadang juga untuk sindiran. Tokoh2 yang ada di dalam dongeng biasanya adalah tokoh yang tidak nyata

Hikayat
Merupakan kasya sastra lama yang berisi cerita atau kisah, baik bersifat sejarah ataupun yang hanya kisah fiktif tentang roman yang dibaca dan diceritakan supaya melipur lara sekaligus membangkitkan semangat juang si pendengar cerita.

Legenda
Sebuah prosa atau  cerita rakyat yang menurut anggapan si pemberi cerita sebagai suatu cerita tentang hal yang terjadi dengan sungguh-sungguh dan pernah terjadi sebelumnya. Karya Legenda menceritakan sesuatu yang berkaitan dengan masa yang sangat lampau,
dan memiliki lokasi /tempat yang sama dengan tempat yang ada sekarang ini.
Legenda biasanya bersifat migratoris/ berpindah-pindah. sehingga legenda bisa dikenal luas di daerah yang berbeda (Rujukan: Danandjaja, 1991:66)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar